Home → → Media Singapura Belajar Batik di Alleira (okezone)

Media Singapura Belajar Batik di Alleira (okezone)

Kamis, 06 Mei 2010
BRAND batik papan atas Allure, yang telah berubah nama menjadi Alleira, kini semakin pintar mencuri perhatian masyarakat internasional. Indonesia yang terkenal akan keindahan batiknya, rupanya menjadi salah satu alasan kuat para media asing ingin mengenal Indonesia lebih jauh. Perwakilan Garuda Indonesia yang berada di Singapura, menujuk brand Alleira untuk membantu para media asing untuk mengetahui keistimewaan batik secara lebih rinci.  

“Media Singapura tertarik mengetahui Indonesia lebih dalam dan Alleira ditunjuk oleh perwakilan Garuda Indonesia yang berada di Singapura untuk menjelaskan batik lebih dalam,” papar Operational Director Alleira Zaka Hamzah saat ditemui okezone di butik Alleira, Grand Indonesia, West Mall, Jakarta, Sabtu (10/4/2010).

Tak hanya menjadi batik primadona di rumah sendiri, namun batik Alleira pun kini telah menjadi andalan di negeri tetangga. Meski telah membuka butik Alleira sejak Juni 2008 di Singapura, Zaka mengaku masyarakat Singapura lebih menyukai desain yang sederhana dan sedikit sentuhan batik.

“Masyarakat Singapura lebih tertarik dengan desain yang simpel. Mereka juga lebih menyukai desain yang ada touch of batik, di mana dalam koleksi tersebut ada sentuhan batiknya. Jadi tidak seluruhnya batik,” lanjutnya.

Memahami kebutuhan masyarakat Singapura lebih dalam, Zaka pun menjelaskan untuk urusan warna cenderung mengacu pada tren dunia.

“Untuk ukuran mereka pun tergolong lebih kecil, jadi ukuran small (S) yang paling laku terjual. Untuk warnanya harus mengikuti tren dunia. Tapi banyak di antara mereka yang juga memilih basic color, seperti hitam, biru, biru tua, putih, off white, dan abu-abu,” terangnya.  

“Ciri khas dari Alleira sendiri adalah gradasi warna, dan yang ingin kami tonjolkan adalah hasil karya Indonesia. Di mana kami kombinasi koleksi batik yang kami miliki dengan motif tradisional,” jelasnya lagi.

Sederet media asing yang hadir menyambangi gerai Alleira di antaranya Mia Tan dari Inspire Publishing, Tiong Li Cheng dari Lixilon Rte Ltd, Zakaria Abdul Rohim dari The Straits Time, Jamie Nonis dari The Edge Singapore, Lishan dan Elsi Yah dari Icon Magazine.

Perwakilan media asing Jamie mengungkapkan, batik merupakan busana yang juga sering digunakan oleh wanita muda di Singapura.

“Batik merupakan koleksi yang sangat cantik. Di Singapura banyak wanita usia 20-an yang mengenakan batik. Namun batik yang mereka kenakan lebih terlihat fashionable. Dan ini yang membuat mereka kelihatan lebih trendi,” ucapnya.

Hadirnya media asing menyambangi gerai Alleira di Jakarta diharapkan bisa memberikan dampak positif.

“Harapannya yang tadinya hanya sebagian masyarakat Singapura tahu mengenai Alleira, kini semuanya semakin tahu koleksi kami. Kami tadi juga memperkenalkan proses pembuatan batik pada seluruh media yang berasal dari Singapura. Selain itu, kami memberikan sebuah CD yang berisikan visi dan misi Alleira, material bahan dan aplikasi yang digunakan Alleira. Dan ternyata mereka sangat antusias sampai berbelanja di butik kami,” terangnya.

“Sekarang mereka sudah mengerti mengapa batik itu mahal, karena motif dan bahannya, belum lagi susah dalam pembuatan batiknya,” tutup Zaka.

Pada awalnya, batik hanya hadir dengan warna-warna tradisional, termasuk biru nila, cokelat tua, dan putih yang melambangkan tiga Dewa Hindu (Brahma, Wisnu dan Siwa), tetapi Allure mencoba menciptakan tampilan yang berbeda. Menggunakan warna-warna cerah, bahkan hingga sampai tujuh warna dalam sebuah busana. Dan hasilnya sangat mengagumkan. Cantik, elegan dan trendi, tanpa meninggalkan kesan etnik pada busana tersebut.

Warna-warna Alleira sangat fenomenal dan menjadi trendsetter di dunia industri batik, di mana banyak brand-brand batik lainnya yang mengikuti warna-warna yang unik ini.

Koleksi Alleira juga banyak menghiasi sederet fashion show. Kini, Alleira bisa Anda temukan di mana saja, dan Alleira tetap membawa citra batik Indonesia.

0 Komentar Untuk "Media Singapura Belajar Batik di Alleira (okezone)"

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Media Singapura Belajar Batik di Alleira (okezone)"